rss
email
twitter
facebook

Senin, 28 Juni 2010

Sinusitis - Pengobatan yang dapat dilakukan
















  • Saline nasal spray, yang Anda semprot ke hidung Anda beberapa kali sehari untuk membilas bagian hidung Anda.
  • Nasal corticosteroids. Semprot hidung ini membantu mencegah dan mengobati peradangan. Contohnya termasuk fluticasone (Flonase), budesonide (Rhinocort Aqua), triamsinolon (Nasacort AQ), mometasone (Nasonex) dan beclomethasone (Beconase).
  • Oral atau kortikosteroid disuntikkan. Obat-obat yang digunakan untuk meredakan peradangan dari sinusitis parah, terutama jika Anda juga memiliki polip hidung. Contohnya termasuk prednisone dan methylprednisolone. Oral corticosteroids dapat menyebabkan efek samping yang serius bila digunakan jangka panjang, jadi mereka hanya digunakan untuk mengobati gejala asma parah.
  • Dekongestan. Obat-obat ini tersedia dalam over-the-counter (OTC) dan resep cairan, tablet dan semprot hidung. Contoh dekongestan OTC oral termasuk Sudafed dan Actifed. Semprotan hidung termasuk phenylephrine (Neo-Synephrine) dan oxymetazoline (Afrin). Obat-obat ini umumnya hanya dilakukan untuk beberapa hari di sebagian besar, kalau mereka dapat menyebabkan kemacetan pengembalian yang lebih berat (kongesti rebound).
  • Lebih dari penghilang rasa sakit-the-counter seperti aspirin, asetaminofen (Tylenol, orang lain) atau ibuprofen (Advil, Motrin, orang lain). Karena resiko sindrom Reye's - penyakit berpotensi mengancam jiwa - tidak pernah memberikan aspirin kepada anak-anak.
  • Aspirin desensitisasi pengobatan, jika Anda memiliki reaksi terhadap aspirin yang menyebabkan sinusitis. Namun, perawatan ini dapat menyebabkan komplikasi yang serius seperti pendarahan usus atau serangan asma parah.

Antibiotik
Antibiotik kadang-kadang diperlukan untuk sinusitis jika Anda memiliki infeksi bakteri. Namun, sinusitis kronis biasanya disebabkan oleh sesuatu yang lain dari bakteri dan antibiotik tidak akan membantu.

Antibiotik digunakan untuk mengobati sinusitis kronis yang disebabkan oleh infeksi bakteri termasuk amoksisilin (Amoxil, Trimox, orang lain), doxycycline (Doryx, Monodox, orang lain) atau obat kombinasi trimetoprim-sulfametoksazol (Bactrim, Septra, orang lain). Jika infeksi tidak berkurang atau jika sinusitis datang kembali, dokter mungkin mencoba antibiotik yang berbeda.

Jika dokter Anda tidak meresepkan antibiotik, itu penting untuk mengambil seluruh kursus pengobatan. Secara umum, ini berarti Anda harus membawa mereka selama 10 sampai 14 hari atau lebih lama lagi - bahkan setelah gejala Anda menjadi lebih baik. Jika Anda berhenti mengambil mereka lebih awal, gejala Anda mungkin kembali.

Imunoterapi
Jika alergi berkontribusi sinusitis Anda, alergi tembakan (immunotherapy) yang membantu mengurangi reaksi tubuh terhadap alergen yang spesifik dapat membantu mengatasi kondisi tersebut.

Operasi
Dalam kasus yang terus menolak perawatan atau pengobatan, pembedahan sinus endoskopik dapat menjadi pilihan. Untuk prosedur ini, dokter menggunakan endoskopi, tabung tipis fleksibel dengan lampu terpasang, untuk mengeksplorasi bagian-bagian sinus Anda. Lalu, tergantung pada sumber obstruksi, dokter dapat menggunakan berbagai alat untuk menghapus jaringan atau mencukur lagi untuk polip yang menyebabkan hidung tersumbat. Memperbesar bukaan sempit sinus juga bisa menjadi pilihan untuk mempromosikan drainase.
untuk terapi di rumah

  • Istirahat yang cukup. Ini akan membantu tubuh Anda melawan infeksi dan pemulihan kecepatan.
  • Minum banyak cairan, seperti air atau jus. Ini akan membantu mencairkan sekresi mukosa dan meningkatkan drainase. Hindari minuman yang mengandung kafein atau alkohol, karena mereka bisa dehidrasi. Minum alkohol juga dapat memperburuk pembengkakan selaput sinus dan hidung.
  • Uap rongga sinus Anda. Menggantungkan handuk di kepala Anda saat Anda menghirup uap dari semangkuk air panas. Jauhkan uap diarahkan ke wajah Anda. Atau mandi panas, menghirup udara, hangat lembab. Hal ini akan membantu meringankan rasa sakit dan membantu menguras lendir.
  • Terapkan kompres hangat untuk wajah Anda. Tempat yang hangat, handuk basah di sekitar hidung, pipi dan mata untuk mengurangi nyeri wajah.
  • Bilas keluar lubang hidung Anda. Gunakan botol yang dirancang khusus meremas (Sinus Bilas, orang lain), lampu jarum suntik atau neti pot untuk membilas lubang hidung Anda. Rumah obat ini, disebut lavage nasal, dapat membantu membersihkan sinus Anda.
  • Tidur dengan kepala ditinggikan. Hal ini akan membantu mengeringkan sinus Anda.

Sumber:

http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20100413012133AAQ2MGb

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails