rss
email
twitter
facebook

Minggu, 21 Maret 2010

Prolog






Sinusitis adalah peradangan sinus yang terletak dekat hidung. Sinusitis menular karena kuman-kuman dibiarkan hidup. Dengan demikian, mungkin sekali setiap orang terkena gangguan penyakit ini.


Sinusitis bisa menyerang setiap orang pada berbagai usia.





Tanda-tanda awal adalah :

- Kongesti hidung dengan sekresi berwarna hijau-kuning kadang ada bercak darah
- Perasaan tekanan di dalam kepala
- Nyeri mata
- Sakit kepala di pagi hari atau bila membungkuk ke depan
- Nyeri pipi yang mirip sakit gigi
- Batuk (kadang), biasa tidak beriak
- Tidur kadang tidak nyenyak
- Demam ( kadang)

Apabila tanda awal ini berlanjut, biasanya terjadi sumbatan muara sinus yang menyumbat sekresi dan meningkatkan rasa nyeri.


KARENA INFEKSI

Penyakit ini terjadi karena infeksi pada sinus, karena selesma atau karena infeksi saluran pernapasan bagian atas. Infeksi ini dapat terkomplikasi oleh bakteri yang biasanya tinggal di hidung dan tenggorokan.

Selain karena infeksi, sinusitis terjadi karena iritasi saluran hidung yang disebabkan oleh :

- Alergi
- Kebiasaan merokok
- Bersin yang keras dengan menutup mulut
- Udara dingin yang membuat kita menggigil
- Berenang terutama terjun masuk kolam tanpa menutup hidung
- Kondisi tubuh lemah

Resiko akan meningkat bila ada penyakit yang sedang diderita dan berpotensi menurunkan daya tahan tubuh. Risiko lain adalah asap rokok yang diisap baik oleh orang lain maupun diri sendiri.

Udara dingin atau yang beruap di luar dan panas kering di dalam ruangan bisa juga meningkatkan risiko sakit. Yang patut kita hindari adalah kontak dengan banyak orang di tempat umum dan peniupan hidung yang berlebihan selama infeksi saluran napas bagian atas terjadi. Satu-satunya langkah yang bisa dicegah adalah dengan menjaga kadar kelembaban 45 รข€“ 50% pada ruangan yang panas selama musim dingin. Jangan menahan bersin karena akan semakin membuat nyeri.


PERIKSA KE DOKTER

Sinusitis bisa komplikasi menimbulkan komplikasi berupa meningitis atau abses otak, perawatan dan menghindari faktor peningkatan risiko bisa menyembuhkan penyakit ini. Segeralah berobat ke dokter.


Tindakan perawatan Umum

1. Menggunakan pelembab untuk membantu mengencerkan sekresi, sehingga akan akan mengalir dengan mudah
2. Untuk bayi dan anak kecil yang tidak dapat mengembus hidung, gunakan aspirator untuk menyedot masing-masing lubang dengan lembut sebelum menggunakan obat tetes.
3. Menggunakan panas untuk mengurangi nyeri dalam sinus dan hidung. Bisa juga menggunakan bantalan panas listrik atau kompres hangat
4. Jangan biarkan orang lain menggunakan obat tetes hidung anda. Mereka akan terkontaminasi oleh infeksi. Buanglah obat setelah dipakai
5. Jangan menggunakan obat tetes hidung setelah batas waktu lewat. Obat dapat mengganggu fungsi hidung dan sinus yang normal serta bisa menjadi aditif.


BILA TERJADI PERDARAHAN

Selama sakit, secara bertahap lakukan aktivitas seperti biasa. Anda tidak perlu melakukan diet khusus untuk mengobati infeksi. Satu-satunya langkah paling mudah adalah minum cairan sebanyak mungkin agar proses pengenceran sekres semakin terbantu

Tanda-tanda penting untuk segera menghubungi dokter adalah :
- Demam dengan suhu 38.3 C
- Perdarahan dari hidung
- Sakit kepala hebat
- Bengkak pada muka ( dahi, mata, sisi hidung atau pipi )
- Penglihatan kabur

3 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails